Dilarang merokok, Fatwa MUI merokok itu haram, situs dilarang merokok


Saya menemukan situs yang bagus untuk para perokok, khususnya saya sendiri. yaitu http://www.stopmerokok.com/

//i531.photobucket.com/albums/dd356/alfaridzyphoto/dilarangmerokok.jpg?t=1220362035” cannot be displayed, because it contains errors.

situs itu memberikan informasi siklus ketergantungan nikotin, berita terbaru tentang adanya larangan merokok Dll, wah bagus banget kalo menurut saya isinya, tapi kalu membahas berita fatwa MUI haram merokok, wah pemakai rokok berkurang dong, makna yang terlihat disana merokok haram, sepertinya rokoknya jelas gak haram namun menghisap rokok itu yang haram, sepertinya begitu, mungkin bisa dibilang merokok sama halnya dengan menggunakan psikotropika, karena haram itu tadi.

pemerintah serta jajaran orang peduli bahaya rokok, Bullshit

Dari dulu rokok dibuang dan disayang, banyak para artis yang ikut terjun peduli terhadap anak karena asap rokok, sampai sampai peringatan pemerintah yang biasa keluar setiap iklan rokok dikomentari, alasannya iklan rokok berdurasi sekitar 3 sampai 5 menit namun pemunculan peringatan pemerintah diakhir iklan hanya 1 sampai 2 detik, tapi dibalik semua kecaman masyarakat, pemerintah, artis-artis namun hasilnya nihil, olahraga pun sekarang aja di sponsori oleh perusahaan rokok contohnya PT.Djarum super yang mempunyai sekolah Badminton, Sampoerna hijau yang mensponsori voly di setiap layar kaca dan pemunculannya sangat heboh, menurut saya bullshit semua, jelas perusahaan rokok termasuk bagian besar yang memberikan pajak kepada negara, namun kecamannya terhadap produk adalah siluet gak bernyawa.

semua senang indonesia mendapatkan sebuah emas dari olimpiade, melalui pertandingan akbar badminton di beijing pekan lalu, dari artis sampai pemerintah nonton pertandingan itu serta sorak sorai padahal dibalik modal dari sponsor juga dari penjualan rokok. duuuh muluk-muluk banget sih bilang kalau merokok itu haram.

yahh pemerintah mau ngomong apa terserahlah, saya sebagai perokok tau kok fatwa itu bagus untuk saya namun bagaimana efek kemasyarakatnya? apa bisa diterima? kita lihat aja tanggal mainnya


Bahaya Merokok – MUI Siapkan Fatwa Haram Merokok

indosiar.com, Jakarta - Untuk menghentikan kebiasaan merokok Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana mengeluarkan fatwa larangan merokok. Fatwa haram merokok yang akan diberlakukan secara nasional ini saat masih dalam pembahasan intensif di kalangan ulama.Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amidhan mengatakan, saat ini pihaknya tengah membahas soal kemungkinan dikeluarkannya fatwa haram atas merokok. Disela menerima Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Ikatan Ahli Kesehatan, Amidhan mengatakan fatwa haram ini sebenarnya bukan hal baru bagi MUI. Namun ketetapannya masih akan dibicarakan dengan sejumlah ulama.

Sementara itu Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Ikatan Ahli Kesehatan mendesak MUI segera menetapkan fatwa haram bagi rokok. Komnas akan memastikan lintingan rokok yang diproduksi dari tembakau menganggu kesehatan. Maka dengan ditetapkannya fatwa haram rokok ini tentunya diharapkan dapat menekan angka perokok di kalangan anak-anak. (Muslichan/Rudi Asmoro/Sup)

Sumber / Referensi :

http://www.indosiar.com/news/fokus/75004_mui-siapkan-fatwa-haram-merokok

About these ads
This entry was published on September 2, 2008 at 1:41 pm. It’s filed under Opini and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

11 thoughts on “Dilarang merokok, Fatwa MUI merokok itu haram, situs dilarang merokok

  1. kurniawan on said:

    Assallamualaikum,warahmatullahi wabarohkatu

    Sekedar Masukan menuju Titik Terang dalam kekeliruan

    Tidak ada kejelasan mengenai hukum merokok, baik dari Al-Quran dan Hadits, dari jaman Rasullulah banyak para kerajaan Penganut agama Islam yang mengisap syariba ad dukhon seperti Rokok, Sampai saat sekarang ini tidak ada Hadits yang Melarang tegas tegas tentang rokok,kalo pun ada hadits yang melarang tentang semua itu,sudah jauh sebelumnya MUI itu mengeluarkan FATWA Harom hukumnya merokok, Rosululah tidak pernah mengeluarkan larangan perkataan tentang syariba ad dukhon. Rosullulah Hanya mengatakan Barang siapa yang mengikuti jejaku Dialah umatku(Sunah) baik Perkataan dan Perbuatan…..Nah yang anehnya disini MUI mengeluarkan fatwa dilarang merokok karena samahalnya mendekati dengan membunuh diri sendiri, dan membunuh diri itu hukumnya harom,

    Nah bagaimana dengan Sunah Rasullullah Apa kah haram hukumnya jika kita tidak mengikuti sunah Rasullulah Saw…..????Terkadang tingkalaku kita tidak sesuai dengan Perbuatan yang di Contohkan Oleh Rasullullah Saw,Aahlaq,Budi pekerti dan banyak lagi..contoh teladan Rasullulah Saw.Nah tidak mengikuti sunah rosul samahalnya dengan Membunuh Agama Allah, Berarti bisa haram juga hukumnya karena membunuh Agama sendiri……….

    Kalo fatwa MUI melarang tentang nerokok itu haram dan membuat sadar manusia khususnya orang-orang Islam dan sadar serta bertaubat dan Mengerjakan Sholat, Masya Allah Itu bilang Hebat,,,,,,nah persoalanya kenapa tidak dari Awal Para MUI mengambil tindakan Bahwa merokok itu haram Hukumnya……Atau Apakah Ada Sebagian MUI yang suka dengan rokok…???? atau hukum merokok itu mahkru???

    Kalo ditinjau dari Bunuh diri Sudah berapa Jiwa Manusia Yang Mati karena Merokok…?????

    Dibandingkan mati dalam keadaan kafir..!!!!! Sholat Kagak Padahal Itu adalah Dosa Besar yang harom hukumnya orang islam tidak sholat, karena tidak Mengikuti sunah Rasullullah..

    pegangan Orang Islam itu Berdasarkan AL-Quran Dan Hadits…nah merokok ini ada Dalam Kandungan Al-quran dan hadits Nabi tidak..?????

    Kita harus mampu membedakan Antara yang Di haramkan

    (1) Tidak tahu dan tidak mau tahu.

    (2) Tidak mengharamkan, atau setidaknya makruh. Alasannya: tidak ada nash/hukumnya yang jelas/pasti, baik dalam Al Qur’an maupun As Sunnah/ Al Hadist. Seperti misalnya babi, darah, bangkai, dll.

    Ada Juga Info yang Mengatakan Merokok Menghambat/merusak Proses Pendidikan Anak!!!!
    Aneh…….Ini harom Apa Karena Hanya Melindunggi Anak??????
    Kalo memang harom Kenapa Ngak Dari Awal Mengeluarkan Fatwanya….???????
    Masalahnya Sudah JUtaan Orang Islam Khususnya yang Begkraundnya Perokok keras….
    Berarti yang Sudah Jutaan Orang yang mengisap rokok itu para orang-orang pendosa kerasss…

    Nah Kalo begitu MUI juga harus mengeluarkan fatwa harom jika tidak mengikuti sunah Rasullulah Saw, Krena banyak orang islam Yang beridentitas KTP.Banyak orang yang mengangap remeh dengan Sunah Rosullulah Saw.

    Bilahi Fie,Sabilil Haq
    Wassalamualaikum

    Mohon kebijakan yang Ril bukan karena ikut arus perkembangan dunia…..

  2. alfaridzy on said:

    walaikumsallam ‘wr.wb
    terimakasih buat mas kurniawan atas komentarnya,
    saya juga berfikir demikian, jika alasan dibuat karena “fatwa dilarang merokok karena samahalnya mendekati dengan membunuh diri sendiri, dan membunuh diri itu hukumnya harom”
    bagaimana dengan makanan yang ber pengawet, kabarnya dapat menimbulkan kanker seperti layaknya rokok, apa kah itu juga dapat dikatakan haram?

    pasti jawabannya “kalao kebanyakan ya gak boleh”, sepeti itulah menururt saya juga, sesuatu yang terlalu berlebih yang dibilang haram , bukan merokok itu haram, tetapi melebihi kapasitasnya yang haram, kalau menurut saya rakok di indonesia kadarar tar dan nikotinya yang mesti di turunin, dan mungkin di berikan pengawasan untuk konsumen agar tidak jatuh kepada anak bangsa yang kurang dari umurnya, sekian pendapat saya juga gitu mas

    bagaimana MUI menyikapi ini, mungkinkan larangan itu tetap berajalan? kita tunggu tanggal mainnya

  3. assalamu’alaikum. wr. wb

    mas saya ikut nimbrung. sebenarnya saya juga bisa memaklumi jika rokok tidak diharamkan, tetapi jika melihat argumen dari mas kurniawan dan mas alfaridzy saya tidak tepat karena jika dipandang dari diri sendiri saja belum cukup, karena merokok juga akan menimbulkan kerugian bagi orang-orang disekitarnya yang tidak merokok, atau dengan kata lain mendzolimi orang yang tidak merokok. apalagi rata-rata perilaku perokok di Indonesia banyak yang tidak memperhatikan sopan santun atau keadaan lingkungan, sehingga terkadang banyak orang yang tidak merokok terdzolimi. saya juga mantan perokok berat di tahun 1999-2001, saya berhenti karena saya mempunyai teman yang hampir meninggal karena ada kerusakan di paru-parunya akibat merokok, kala itu dia bisa habis 2 bungkus rokok tiap harinya. dan di saat itu aku dan temanku berhenti dari aktivitas merokok dan terus mengingatkan akan bahaya rokok bagi peokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya. bukan masalah ada nashnya atau tidak atau di al qur’an tidak hukumnya, tapi jika nabi kita muhammad saw masih hidup bersama kita tentu akan melarang rokok karena dampaknya yang luas bukan hanya bagi perokok(dalam arti pelaku) tapi juga orang lain(yang tidak melakukan). saya urun rembug saja, komentar ini mengingat saya setelah berhenti merokok banyak para perokok ketika saya suruh menjauhi saya yang sudah tidak merokok malah mengejek kadang meniupkan asap rokoknya secara sengaja ke arah saya.
    jika memang masih pada pengen merokok saya usulkan seperti yang di jakarta perokok hanya boleh merokok di tempat yang di sediakan atau ada tanda boleh merokok, atau ruangan khusus perokok.
    terima kasih banyak.
    wassalamu’alaikum wr. wb.

  4. alfaridzy on said:

    terimakasih banyak mas rokhim, untuk komentarnya

    komentar yang baik banget buat semua dari mas , seperti kata mas rokhim diatas “saya berhenti karena saya mempunyai teman yang hampir meninggal karena ada kerusakan di paru-parunya akibat merokok, kala itu dia bisa habis 2 bungkus rokok tiap harinya” sepertinya bukan rokok yang ingin membunuh teman mas rokhim, tapi kelakuannya menghisap rokok secara berlebih.

    “sesuatu yang berlebihan haram hukumnya” mungkin itu yang sering saya dengat, jujur saya perokok, tapi saya membatasi rokok saya hanya 2 sampai 6 batang dalam 1 hari, buat saya ini juga gak baik.
    memang didalam suatu kebaikan belum tentu baik untuk kita, dan didalam suatu keburukan apalagi

    contoh : kebaikan yang belum tentu juga gak baik untuk kita

    misalkan memakan buah itu baik untuk kita, jelaskan statemen itu. dan semu orang tau buah baik di konsumsi oleh manusia, tapi jika makan buah sampai 4 kilo, apa yang terjadi, buang-buang airkah? pemborosan biaya kah? atau apa?

    balik cara kepenyikapan rokok oleh masing-masing manusianya, jadinya menurut saya pemerintah jangan cuma ngambil pajak dari perusahaan rokok, tapi di kasih areal untuk perokoknya juga, undang2 yang jelas terhadap kadar rokok, dan batasan2 jangan terlalu ekstreem dibilang haram atau ada undang-undang denda 2juta merokok di tempat umum tapi gak konsisten, apalagi konsistensiannya gak dijaga setelah pake label MUI yang akan dibuat, apa kata orang diluar sana? singapore, jepang dan negara lain bisa membatasi rokok, masa indonesia membatasi rokok saja susah, mesti berdebat dan lain-lain

  5. assalamu’alaikum mas

    iya mas aku rasa masih banyak yang perlu dibenahi di Indonesia kita yang tercinta ini.
    kayaknya kok serba tidak jelas dan tidak beraturan, perlu diupayakan agar kita kaum muda menjadi pelopor untuk menjadikan pemerintah lebih respon dan serius terhadap pembenahan di segala bidang, pornografi, aparat hukum dan pejabat pemerintah, pendidikan, perdagangan, wah banyak deh.
    semoga negeri kita lekas bangkit dari kesemperawutannya. amieeeeen!
    thank’s a lot

  6. alfaridzy on said:

    walaikumsallam
    amiin

  7. apa-apaan ini pemerintah, kog malah ngurusin masalah-masalah yang kagak penting kayak gini.
    mas mikirin donk harga2 bahan pokok yang melambung tinggi.. .

    untuk muhamad rokhim anda ini jangan cuma bisa menyela tanpa memberikan saran, jangan ASBUN donk. ! ! !
    untuk alfaridzy jangan hanya memandang segala sesuatu dari mata hukum aja ini. tapi coba .liat segi positifnyadonk dari kebijakan-kebijakan itu.

    kalau kalian tidak terima atas comment saya saya tantang kalian untuk menghubungi saya untuk beradu argumen . anda bisa menghubungi saya di nomor ini. . .

    081703251338 dan 031-5923965
    087851813350

  8. halah ngomong opo ae kabeh, ojok minterin doel ! ! !

    makanya to belajar dari berita di TV, koran dan radio biar ga asbun ae.. . kasih solusi donk! ! !

    Memang pangeran rudi aja yang bisa begitu saya juga bisa memberikan debat terbuka untuk kalian2 ini. Ini kalau kalian tidak terima atas comment saya saya tantang kalian untuk menghubungi saya untuk beradu argumen . anda bisa menghubungi saya di nomor ini. . .

    x : 081703313109

  9. alfaridzy on said:

    (T_T haduh udah lupa kasus ini, postingan bulan september)

    Okeh….. ntar dulu mas alex dan mas rudi disini subjeknya ada 2 yaitu perokok dan pemerintah termasuk MUI, mas-mas ini pihak yang mana?, berargumen gak mesti keras, yang penting padat berisi dan mempunyai solusi karena itu intinya,

    mas rudi sebetulnya memihak pemerintah atau perokok? T_T kok kayaknya mo ngambil yang baiknya aja, semuanya juga mau kalo ngambil tengahnya, itu namanya bukan berargumen

    mas alex pilih mana sih? …. T_T berargumen bukan buat memperkeruh suasana, tapi membuat semua membuka jalan dimana sebetulnya yang mesti dihilangkan dan di perjuangkan

    tapi kayaknya udah terlalu basi yah kalo kita berargumen lagi hehehe^_^gak tau deh MUI nya udah sampe mana

  10. selama tidak ada dalilnya maka akan terjadi berbeda pendapat, so wajar-wajar dong, nie fitrah kaleeeee.

  11. harie ponorogo on said:

    assalamu’alaikum……maap telat…
    saya tertarik dengan tema haram merokok ini,,

    alhamd saya sekalipun belum pernah menghisap barang haram itu,,,
    bagi para ahli hisab rokok tentu dengan fatwa itu gk setuju,,,
    tapi coba anda berfikir jernih sejenak,,,,lihatlah manfaat dan muthorot/kerugian akibat merokok….

    subkhanallah,perlu anda ketahui,dalam 1 batng rokok itu mengandung 4.000 bahan kimia berbahaya,,,al:racun tikus,pengawet mayat,pembersih cat,dlll
    apakah ada 1 zat pun yg bermanfaat????gk ada sma se kali..
    trs apa yg anda ambil dari rokok,,,,

    saya berpendapat..langkah tegas yg harus diambil pemerintah adalah”MENUTUP PABRIK ROKOK”insyaallah akan jauh bermanfaat,,,,,itu solusi konkrit…..

    pasti ada sanggahan,,,saya sudah menyiapkan jawaban dari sanggahan anda,,,silahkan,,,,,

    berargumentasi tapi tetep sopan ya,,,,,,,,jangan menggunakan kata”yang gak sopan,,,,,,,ok,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: