Agar Monitor LCD Lebih Panjang Umur


Bekerja dengan komputer sudah menjadi keseharian hampir semua kalangan, baik karyawan, pengusaha, mahasiswa maupun kalangan pelajar. Arti penting perangkat komputer antara lain terletak pada layar monitor yang menampilkan hasil input pekerjaan persis di depan mata.

Saat harga monitor LCD semakin terjangkau, banyak orang mulai beralih dari monitor tabung ke model layar tipis ini. Pertimbangannya, apalagi kalau bukan soal kepraktisan dan efisiensi yang ditawarkan. Gambar yang dihasilkan pun jauh lebih memuaskan dan tidak membuat mata cepat lelah.

Bagi banyak orang, perangkat komputer termasuk monitor ini merupakan perlengkapan kerja yang diharapkan dapat bekerja optimal dalam waktu lama. Selain faktor spesifikasi produk, faktor perawatan dan cara pemakaian juga berperan penting dalam memperpanjang usia-pakai sebuah monitor LCD. Apalagi sebagian besar bahan dasar LCD terdiri dari kaca sehingga memerlukan perawatan lebih ekstra.

Berikut beberapa tips yang bisa dipraktikkan dalam menggunakan dan merawat monitor LCD:

  • Perhatikan suhu dan kelembaban udara. Idealnya, suhu ruangan berada di kisaran 68-77 derajat.  Menggunakan penyejuk udara merupakan solusi, tapi ingat, penggunaan sebuah produk elektronik secara berlebihan (non-stop) tetap akan meningkatkan suhu udara. Apalagi bila di dalam satu ruangan terdapat banyak produk yang semuanya bekerja tanpa henti.
  • Kebersihan ruangan tentu yang utama. Apalagi layar LCD sangat rentan terhadap debu dan cairan. Debu bisa menyebabkan perubahan pada warna. Lakukan perawatan serius terhadap produk ini, karena kesalahan kecil bisa menyebabkan tidak hanya penurunan kualitas warna tapi juga karatan, kegagalan pemakaian ataupun kerusakan elektrik. Anda bisa menggunakan screen protector untuk perlindungan ekstra.
  • Saat membersihkan layar monitor, gunakan kain lembut dan cairan khusus pembersih monitor. Matikan semua kontak listrik dan pastikan untuk tidak menyemprotkan cairan secara langsung ke monitor.
  • Hati-hati saat ingin memindahkan LCD ke tempat lain. Ingat, LCD terbuat dari kaca. Kelalaian seperti guncangan atau guratan kecil tidak hanya akan mengurangi kualitas gambar tapi bisa menyebabkan kerusakan menyeluruh.
  • Jangan membongkar LCD untuk alasan apapun, kecuali menyerahkannya kepada ahlinya. Anda juga harus menset monitor sesuai dengan petunjuk pemakaian dan jangan menyalakan monitor secara non-stop.
  • Jauhkan monitor dari benda-benda elektronik untuk menghindarkan gangguan maknetik yang bisa merusak tampilan layar. Sinar matahari langsung juga bisa mempersingkat usia monitor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s