BLT Bisa Pertahankan Angka Kemiskinan


Pengumuman tentang pencairan dana BLT di Kantor Pos Cabang Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (23/5).


JAKARTA,KAMIS – Menneg PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta mengatakan, program Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai kompensasi kenaikan harga BBM telah diperhitungkan sedemikian rupa sehingga akan mampu mempertahankan jumlah penduduk miskin yang saat ini mencapai sekitar 37,2 juta jiwa.

“Angka kemiskinan bisa naik 4,7 juta kalau tanpa BLT. BLT kan berperan menjaga daya beli mereka sesuai proporsinya. Dan itu merupakan program yang kita buat secara menyeluruh,” kata Paskah seperti dikutip Antara, usai membuka sebuah lokakarya di Gedung Bappenas Jakarta, Kamis (29/5).

Dia mengindikasikan, pernyataan peneliti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Maxensius Tri Sambodo yang memprediksikan kenaikan jumlah penduduk miskin pada akhir 2008 mencapai 41,1 juta jiwa, naik 4,7 juta jiwa dibanding Maret 2007 sebesar 37,2 juta jiwa akibat kenaikan harga BBM adalah kurang tepat.

Ia mengatakan, pemerintah juga memiliki program-program pemberdayaan masyarakat dan bantuan sosial seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), beras untuk rakyat miskin (raskin), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat dan Program Keluarga Harapan (PKH)

“BLT itu untuk menjaga daya masyarakat, bukan mengurangi kemiskinan. Itu kan hanya program singkat. Kalau untuk menanggulangi kemiskinan, ada lagi tiga kluster itu, yaitu bantuan sosial, PNPM, dan KUR. Itu sebetulnya yang menurunkan angka kemiskinan,” jelasnya.

Paskah menambahkan, dirinya masih yakin pemerintah akan bisa mencapai target penurunan penduduk miskin menjadi sekitar 14,2 persen hingga 16 persen pada 2008. “Bahkan pada 2009 bisa 12,5 persen,” katanya

Sebelumnya Peneliti Ekonomi LIPI Maxensius Tri Sambodo mengungkapkan, pihaknya memprediksikan kenaikan jumlah penduduk miskin pada akhir 2008 mencapai 41,1 juta jiwa, naik 4,7 juta jiwa dibanding Maret 2007 sebesar 37,2 juta jiwa karena kenaikan harga BBM beberapa hari lalu mendorong kenaikan garis kemiskinan menjadi Rp 195 ribu/orang/bulan dengan tetap memperhitungkan pemberian dana bantuan langsung tunai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s