Jika Ada BLT 2009, Ibu-ibu Boleh Berbangga


Amung (86), warga Pelanduk Dalam, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, menerima uang pembagian bantuan langsung tunai (BLT) di Kantor Pos Cabang Kosambi, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (25/5). Meski hari libur, sejumlah kantor pos di Bandung tetap melayani pembayaran BLT. Pada hari kedua penyaluran BLT, baru 17 dari 61 kecamatan di Kota Bandung yang warganya bisa menukarkan kupon BLT.

JAKARTA, KAMIS – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2008 belum selesai. Namun wacana adanya BLT 2009 pun sudah digulirkan. Pihak-pihak yang bertanggung jawab langsung maupun tidak langsung juga telah menyiapkan strategi menyukseskan penyalurannya jika jadi terlaksana.

Kelemahan yang ditemukan saat penyaluran BLT tahap pertama tahun 2008 jadi masukan penting. BPS sedang mewacanakan untuk mencantumkan nama ibu rumah tangga pada kolom kepala rumah tangga pada kartu BLT 2009 jika program ini terus berlangsung.

Rencana ini bukannya mendiskreditkan seorang ayah. Bertolak dari pengalaman, seorang ibu dianggap lebih mengetahui kebutuhan-kebutuhan pokok dalam rumah tangga.”Ini bukan strategi. Tapi berdasarkan studi dari penyaluran BLT yang telah kita lakukan, yang luhur niatnya itu ada pada ibu-ibu,” ujar Ketua Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriyawan saat konferensi pers soal penyaluran BLT di Hotel Redtop, Jakarta, Kamis (29/5).

Wacana ini, jelas Rusman, bisa terlaksana jika pemerintah maupun DPR sepakat untuk melaksanakan kembali program tersebut. Rusman juga menjelaskan pelaksanaan BLT sebenarnya juga bisa dimanfaaatkan oleh BPS untuk melakukan pembaruan data 2005/2006.

Dalam proses pembagian kartu BLT oleh PT Pos Indonesia, akan terjadi pembatalan kartu. Dari situ bisa diketahui orang-orang yang telah pindah atau meninggal. Untuk itu, dalam pembuatan kartu BLT baru nanti, diupayakan poin yang tertera di Kartu BLT tidak cuma nama dan alamat penerima BLT tetapi juga data-data secara lebih detil. (SMS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s