Kunci Sehat Selama Liburan


Selasa, 10 Juni 2008 | 10:04 WIB

Niatnya bersenang-senang di tempat liburan, eh, malah jatuh sakit di tempat tujuan. Makanya, untuk menghindari gangguan kesehatan yang mungkin timbul, jangan malas jaga kebugaran.

Selain tiket, dana liburan, hotel dan akomodasi, masih ada satu hal lagi yang tak boleh luput dari persiapan liburan, yakni tubuh yang sehat dan bugar. Iya dong, bagimana mau menikmati liburan kalau sampai di tujuan Anda cuma berbaring di tempat tidur gara-gara terserang flu berat atau gangguan perut?

Sebelum Berangkat
Tingkatkan daya tahan tubuh sebelum berlibur. Minimal sebulan sebelumnya mulailah melakukan kegiatan olahraga. Luangkan waktu paling tidak sekali seminggu untuk melatih seluruh otot di tubuh. Kalau malas ke fitness center, bisa kok melakukannya di rumah. Anda bisa pilih aktivitas yang paling disukai, seperti main basket, berenang, bersepeda, atau senam aerobik.

Melakukan perjalanan jauh, terutama perjalanan yang melewati beberapa zona waktu, bisa menyebabkan kita mengalami jetlag, akibatnya terjadi kekacauan dalam tubuh yang selama ini berjalan teratur. Untuk mengurangi dampak dari jetlag, usahakan cukup tidur sebelum melakukan perjalanan.

Di Tempat Liburan
Setelah melakukan perjalanan panjang, lakukan gerakan senam ringan setibanya di tempat tujuan. Hal ini untuk mencegah agar otot tidak mengalami kekakuan.

Bila harus menginap di hotel, pilihlah hotel yang menyediakan fasilitas olahraga, seperti gym atau kolam renang. Bila tidak, bawalah sepatu olahraga sehingga Anda masih dapat berlari pagi atau sekedar jalan-jalan pagi. Liburan bukan alasan libur dari olahraga, lho.

Sesingkat apa pun liburan yang Anda jalani, usahakan untuk menikmati dan mengistirahatkan pikiran sejenak dari pekerjaan di kantor. Sehingga saat kembali, otak dan tubuh lebih segar. Anda pun bisa kembali masuk kerja dengan semangat baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s