Agar Kulkas Lebih Tahan Lama


Merawat kulkas dengan baik tentu akan membuatnya jadi lebih awet dan tahan lama. Perawatan ini tidak sulit dan bisa dilakukan di waktu senggang Anda.

Sejak pertama kali meletakkan kulkas di sudut ruangan, kita akan menyalakannya sepanjang waktu- hampir tanpa pernah mematikannya. Kerja kulkas yang non-stop tentu memerlukan dukungan perawatan dan penanganan yang baik agar kotak pendingin ini bekerja optimal dan tahan lama.

Berikut kami sajikan tips pemakaian dan perawatan kulkas yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

  • Buka kulkas seperlunya. Membuka kulkas terbuka lama akan menambah beban kerja mesin pendingin. Mesin mudah rusak, dan tagihan listrik pun jadi membengkak.
  • Jangan menyimpan makanan seperti buah dan sayuran di wadah pembuat es (evaporator). Kotoran dan sisa makanan yang menempel di evaporator sulit dibersihkan.
  • Botol atau gelas kaca juga tidak boleh diletakkan di evaporator. Karena kaca dapat pecah saat air di dalamnya membeku.
  • Cairkan kembang es secara teratur dengan menekan tombol defroting (peleburan). Bila tombol otomatis ini belum tersedia, matikan kulkas sampai kembang es mencair.
  • Jangan memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Benda panas menyerap banyak energi listrik dan membuat tagihan listrik membengkak.
  • Perhatikan lama penyimpanan makanan dalam kulkas. Buah dan sayuran segar biasanya 3-4 hari, arbei dan anggur 1-2 hari, ikan segar 1-2 hari, daging potong segar 4-5 hari, susu dan krim 3-7 hari, telur 2 minggu, keju keras sekitar 1 bulan dan minuman olahan sesuai batas kadaluarsanya.
  • Bersihkan kulkas secara rutin. Caranya, cabut saklar listrik dan keluarkan seluruh isi kulkas, termasuk wadah plastik yang bisa dicopot. Gunakan air hangat untuk membersihkan bagian luar dan gasket pintu magnetis, lalu keringkan segera. Untuk membersihkan bagian luar, Anda bisa menggunakan deterjen khusus.
  • Segera bersihkan bekas tumpahan makanan dan minuman agar tidak membekas secara permanen.
  • Jangan membersihkan kulkas dan kembang es dengan menggunakan logam atau benda tajam karena dapat merusak wadah kulkas.

Kulkas bermasalah
Selain perawatan tadi, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan sederhana bila sewaktu-waktu terjadi masalah. Berikut adalah beberapa masalah yang kerap muncul pada kulkas dan penyebabnya:

  • Kulkas tidak menyala. Periksa apakah sambungan listriknya longgar atau listrik padam.
  • Kulkas tidak dingin. Hal ini bisa disebabkan berbagai hal, coba periksa pengatur suhu apakah sudah distel pada posisi yang diinginkan; kulkas terlalu dekat ke dinding sehingga mengganggu sirkulasi udara mesin; kulkas terlalu dekat dengan sumber panas; suhu di sekitarnya sedang panas; terlalu sering membuka kulkas; terlalu banyak makanan yang disimpan (over-loaded); atau freon sudah habis.
  • Kulkas mengeluarkan bunyi tidak normal. Periksa apakah posisi kulkas miring atau ada benda yang mengganjal di bagian belakang kulkas.
  • Kulkas bau. Penyebab bau bisa berasal dari makanan dan minuman berbau menyengat atau sudah busuk. Keluarkan makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi dan bungkus rapat-rapat makanan berbau tajam.
  • Permukaan kabinet berembun. Pastikan pintu kulkas sudah tertutup rapat. Selain itu, embun bisa disebabkan tingkat kelembaban yang tinggi.
  • Kulkas tidak berfungsi total. Bila terjadi kerusakan parah, segera hubungi petugas servis yang ditunjuk produsen kulkas dan manfaatkan kartu garansi yang masih berlaku. Jangan mengutak-atik mesin kulkas tanpa keahlian memadai.

Kulkas keluaran terbaru umumnya sudah dilengkapi beragam fitur untuk memudahkan perawatan. Contohnya fitur pencair kembang es (defrosting), penetralisir bau tak sedap dan wadah tertutup untuk menyimpan sayur-mayur dan bahan makanan lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s