Nama-nama yang aneh


Di Bengkulu, ada beberapa nama daerah, baik nama kecamatan, desa maupun kelurahan yang aneh. Dianggap aneh karena kalau diasosikan dengan “yang lain” memang “sungguh tidak nyambung”. Beberapa keanehan ini pernah dimuat di kolom sungguh-sungguh terjadi koran kedaulatan rakyat akhir tahun 2000 lalu. Berikut ini nama-nama daerah yang aneh itu:

  1. Air Sebakul (air sumur melimpah, tidak sampai hanya tinggal satu bakul atau besek dalam bahasa Jawa)
  2. Kebun Keling (tidak sekumpulan orang kulit hitam di daerah ini, yang ada kulit agak gelap karena suka main ke daerah pantai yang tidak jauh dari sini)
  3. Kebun Ros (tidak ada kebun bunga mawar secara khusus di sini)
  4. Sukamerindu (mungkin dulu orang-orang yang tinggal di daerah ini merindukan sesuatu secara beramai ramai)
  5. Pondok Kubang (entahlah, mungkin dulunya ada kubangan luas untuk kerbau-kerbau petani di daerah ini)
  6. Sumur meleleh (nah, apa ya sekarang masih ada sumur tidak bisa menampung air sampai melimpah dan tumpah)
  7. Padang Guci (tidak ada kumpulan Guci atau pembuat Guci di daerah situ)
  8. Tengah Padang (entahlah, padang apa?)
  9. Sawah Lebar (dulunya, di sebelah timur Kelurahan ini ada daerah persawahan. Sekarang sudah jadi pemukiman)
  10. Pengantungan (siapa ya yang pernah tergantung di kelurahan ini?)
  11. Padang Jati (sungguh, di sini hanya ada pemukiman yang mulai padat, dan tidak ada sejarah hutan jati di kelurahan ini)
  12. Pagar dewa (he he he, Dewa yang mana ya yang mau bikin pagar seluas Desa Pagar Dewa?)
  13. Pondok Besi (mungkin gara2 dekek benteng…)
  14. Pintu Batu (gapuranyo dari batu mungkin)
  15. Kebun Tebeng (kalu iko ado kebun di tebing…)
  16. Padang Dedok (nah kalu iko ambo idak tau napo namonyo cak iko yang pasti daerah rumahnyo miko)
  17. Kuala Lempuing (hayo… siapa yang tahu daerah ini?)
  18. Nakau (apa hubungannya dengan hutan bakau ya? Tapi daerah ini kan jauh dari pesisir pantai?)
  19. Semarang (tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Tengah untuk mengunjunginya, meski penduduk asli sama sekali bukan keturunan dari Jawa)
  20. Surabaya (desa ini bersebelahan dengan desa Semarang. Kedua desa tersebut memiliki bahasa daerah yang sama, juga bukan keturunan dari pulau Jawa).

5 thoughts on “Nama-nama yang aneh

  1. kl daerah Padang Guci memang tidak ada kumpulan guci menurut cerita orang tua dulu,pada saat daerah ini baru didatangi dan belum nama ada nama daerahnya pendatang tersebut menemukan sebuah guci ditengah padang ilalang dan mereka namakan daerah ini Padang Guci, kebetulan sy sendiri orang Padang Guci dan sekarang sy tinggal di Jakarta.
    mohon diluruskan apabila cerita sy ini msh terdapat kekeliruan.

  2. ohhh gitu ya pak, jadinya penemuan guci pada padang rumput itu disebut padang guci??pengetahuan buat pembaca terimakasih sebelumnya ya pak

  3. aslkm..mo nimbrung nih, sedikit berbagi pengetahuan..ni mengenai padang guci, jadi ceritanya kenapa daerah padang guci bisa disebut padang guci disebabkan pada zaman dahulu ada pendatang dari daerah pagar alam (sumatra selatan) untuk berkebun di daerah ini, tapi oleh penduduk asli tidak diperbolehkan sehingga ia kembali pulang ke pagar alam dan meceritakan apa yang telah ia alami kepada pesirah (kepala suku). akhirnya diutuslah sekelompok orang untuk merantau merebut daerah itu dari penduduk asli yang pada saat itu adalah orang rejang.. setelah tiba di sana mereka terlebih dahulu menanam guci di padang ilalang, setelah itu mereka menemui penduduk asli dan menyuruh agar penduduk asli tersebut meninggalkan tempat itu karena tempat itu milik mereka..tapi orang rejang tadi tidak mau percaya begitu saja, merekapun bertanya kepada penduduk datang tersebut “apa buktinya”. mereka pun menjawab bahwa ada subuah guci yang ditanam di sebuah padang oleh poyang mereka..kemudian mereka bersama-sama menuju kedaerah yang disebutkan tadi, dan ternyata memang ada sebuah guci..akhirnya semua penduduk asli tadi pergi dan akhirnya daerah itu di huni oleh pendatang baru itu yang berasal dari Besemah pagar alam..merekapun sepakat memberi nama daerah baru itu dengan nama padang guci..konon diceritakan pula kalau guci yang ditanam tersebut tidak diambil, dan sampai saat ini masih tertanam..ukurannya masiih belum diketahui yang jelas lebih besar dari ukuran biasanya..segitu yang saya tau..dan saya juga manusia Allah yang tak luput hilaf, jadi mohon maaf klo ada salah.. sumber cerita asli dai Inseri Desa Air Kering..padang Guci. dan kebetulan saya juga adalah orang padang guci..sekarang di Kota bengkulu.

  4. saya tertarik banget untuk denger cerita sejarah suatu suku di daerah kepulauan Indonesia , saya kebetulan gak pernah keluar dari pulau jawa ini semenjak lahir, pengen banget tau beberapa sejarah dan langsung ketempatnya, makanya saya suka nonton trans7 dan trans Tv, karena banyak menampilkan kekayaan suku di Indonesia, mudah-mudahan di puter tentang sejarah padang guci.

    thanks ya merco,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s