Hasil UN tahun 2008 SMA/SMK/MA sebetulnya lebih baik atau tidak


sumber : click disini

Kelulusan Ujian Nasional SMA Turun 3 Persen

Sabtu, 14 Jun 2008 | 15:05 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional memperkirakan kelulusan ujian nasional tingkat sekolah menengah atas (SAM) tahun ini turun 3 persen dibanding tahun lalu. “Prediksinya ada pada kisaran 88-90 persen,” kata Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Profesor Suyanto melalui telepon, Sabtu (14/06) siang.

Tingkat kelulusan tahun lalu, dia melanjutkan, mencapai 93 persen dengan perincian 95,1 persen tingkat kelulusan untuk ujian nasional mata pelajaran IPA, IPS 90,7 persen dan Bahasa 92,1 persen.

Suyanto menduga menurunnya angka kelulusan disebabkan oleh meningkatnya standar nilai rata-rata kelulusan 6 mata pelajaran yang diujikan dari 5 menjadi 5,25 dan tidak boleh ada nilai dibawah 4,25. “Peningkatan ditujukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan,” katanya.

Setiap tahun Departemen Pendidikan Nasional mencatat ada 2,25 juta siswa tingkat SMA/SMK/MA yang mengikuti ujian nasioanal. Adapun peserta ujian nasional tahun ini sekitar 2,26 juta orang. Peserta ujian yang tidak lulus bisa mengikuti ujian kesetaraan paket C yang diselenggarakan pada tanggal 24-27 Juni mendatang.
Rudy Prasetyo

SUMBER click disini

Hasil UN 2008 Lebih Baik

Ken Yunita – detikcom
Reg Nat 3845 Rp 500Jakarta – Kelulusan ujian nasional (UN) SMA akan diumumkan serentak Sabtu (14/6/2008). Data Departemen Pendidikan Nasional menyebut, hasil UN tahun ini lebih baik dari 2007.

Informasi yang diterima detikcom, siswa SMA yang tidak lulus tahun ini tidak mencapai 8 persen. Sedangkan tahun lalu, lebih dari 8,1 persen siswa SMA tak lulus UN.

Hasil UN kali ini dapat dilihat di media cetak, kantor Dinas Pendidikan dan situs pendidikan.

Tahun 2008, peserta UN sebanyak 1,4 juta siswa SMA/MA dan 700 ribu siswa SMK. ( ken / ken )

OPINI KITA

Judul dari berita bertolak belakang gitu ya? sebetulnya meningkat atau tidak???

dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda yaitu perbandingan antara tingkat kelulusan tahun 2007 dan 2008

media TEMPO mengatakan

“Departemen Pendidikan Nasional memperkirakan kelulusan ujian nasional tingkat sekolah menengah atas (SAM) tahun ini turun 3 persen dibanding tahun lalu”

dilanjutkan “Tingkat kelulusan tahun lalu, dia melanjutkan, mencapai 93 persen dengan perincian 95,1 persen tingkat kelulusan”

media DETIK.com mengatakan :

“siswa SMA yang tidak lulus tahun ini tidak mencapai 8 persen. Sedangkan tahun lalu, lebih dari 8,1 persen siswa SMA tak lulus UN.”
media tempo tertulis dari segi tingkat kelulusan yang terjadi pada tahun 2008 hasil UN, sedangkan detik .com menampilkan dari segi ketidak lulusan.

artinya dari segi tingkat kelulusan 2008 menurun 3 persen persen dari tahun lalu, dan dari tingkat ketidak lulusan naik, tapi detik.com mendapat data ketidak lulusan berkurang dari 8.1 persen menjadi 8.0 persen
dengan jumlah siswa yang disebutkan

detik.com 1,4 juta siswa SMA/MA dan 700 ribu siswa SMK = TOTAL 2.1 juta siswa

TEMPO sejumlah 2,25 juta siswa tingkat SMA/SMK/MA = TOTAL 2.25 juta siswa

melihat dari jumlah yang berbeda saja udah ketahuan setiap media belum tentu akurat dalam mengambil berita adapun dari wartawan yang mengambil data atau dari editornya sendiri, kacau kalau setiap warga membaca berita yang tidak akurat

dan kelihatan dari hasil ujian pertimbangan yang dilakukan adalah lulus atau tidak lulus berapa persen, dalam aplikasinya dilapangan tidak dipaparkan adanya kebocoran atau tidak, menurut saya pada kesimpulannya menaikan passinggrate untuk SMU adalah baik tapi kualitas tidak menjamin terlihat dari hasil penulusuran INVESTIGASI yang saya tonton kebocoran terhadap soal di negara ini untuk tingkat SMU masih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s