3 Alternatif Cara Menekan Biaya Beli Furnitur


Ruang Tamu

Senin, 16 Juni 2008 | 09:11 WIB

Mencari furnitur bagus itu mudah, namun tidak mudah menyesuaikannya dengan kantong. Mendapat furnitur murah pun belum tentu kualitasnya bagus. Akhirnya, harus pandai-pandai memilih furnitur murah sekaligus berkualitas. Mungkin beberapa alternatif ini bisa membantu.

1. Lirik furnitur custom-made
Membeli furnitur custom-made alias sesuai pesanan memberikan banyak keuntungan. Kita bisa menentukan sendiri, mulai dari material hingga desain. Selain itu, ukurannya pun pasti pas dengan ukuran ruangan. Satu lagi keuntungannya, yaitu harga bisa disesuaikan.

Harga furnitur pesanan ini bisa lebih murah dari furnitur showroom, sekitar 30-50 persen. Harga miring ini dikarenakan kita bisa menekan biaya-biaya, dengan berbagai cara. Contohnya, dengan mengganti material dengan yang lebih murah. Selain itu, harga furnitur showroom biasanya sudah dibebani oleh biaya sewa toko, pajak, dan lain-lain.

2. Cobalah modifikasi furnitur lama
Furnitur lama tak perlu buru-buru dibuang. Bisa dimodifikasi kok supaya tampilannya sesuai zaman. Caranya bisa dengan finishing ulang. Desain pun bisa diubah.

Memodifikasi furnitur akan lebih mudah jika sebelumnya furnitur dibeli secara custom-made. Tinggal bawa saja ke pembuatnya. Pembuat furnitur pesanan biasanya mengistimewakan pelanggannya. Tapi memodifikasi pun harus hati-hati. Jika tanpa perhitungan, bisa-bisa harga modifikasi lebih mahal dari harga membeli furnitur baru. Sebelum memodifikasi, ada baiknya memperhitungkan material dan biaya, yang kira-kira akan dikeluarkan.

3. Carilah furnitur bekas
Bosan dengan furnitur lama bukan berarti harus menggantinya dengan yang baru. Furnitur bekas pun bisa menjadi pilihan. Desain baru bisa diperoleh dengan harga yang pastinya lebih murah.

Biasanya furnitur bekas bisa didapat dengan cara tukar tambah. Furnitur lama tidak terbuang, dan tetap bisa mendapat yang baru. Tetapi perlu lebih teliti dalam membeli. Namanya furnitur bekas pakai, kemungkinan kerusakan pasti ada. Jangan sampai membeli “barang rongsokan”, walaupun berharga murah.

Tim iDEA/Anissa

Sumber : Idea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s