Jangan Takut Bermain Motif


Jangan takut bermain komposisi motif di rumah.

Apa yang muncul di benak Anda ketika membayangkan paduan motif garis dan polkadot? Mungkin yang muncul adalah kesan “tabrakan”. Akhirnya ruangan pun akan terkesan terlalu ramai dan berantakan.

Yang terjadi tak selamanya begitu. Menyatukan berbagai motif dan warna sebetulnya boleh saja dilakukan. Caranya mudah dan hasilnya tidak berantakan juga. Malah bisa saja terjadi paduan warna dan motif justru menimbulkan kesan lebih “hidup” dan ceria.

Ada beberapa poin yang bisa menjadi “kunci” dalam menata motif dan warna. Dengan poin-poin tersebut, memadukan motif tidak lagi “menakutkan”.

Sebelum memadukan motif dan warna terlebih dulu perhatikan warna ruangan, terutama bagian-bagian yang dominan, seperti warna dinding, warna pintu, dan warna furnitur yang akan diletakkan di ruangan. Setelah itu tentukan warna pokok. Warna pokok akan menjadi benang merah yang menghubungkan berbagai motif dan warna dalam ruangan.

Sebenarnya, yang harus menjadi pokok perhatian kita adalah warna. Bukan motifnya. Asalkan warnanya pas, motif apa pun tidak menjadi masalah. Setelah menentukan warna pokok, sesuaikan semua furnitur dan aksesori dengan warna pokok tersebut agar tampilan ruang tetap memiliki keselarasan. Walaupun banyak perpaduan motif di dalamnya.

Contohnya, jika Anda ingin meletakkan sofa dalam ruangan. Jangan pilih warna sofa yang sama dengan dinding agar tidak terkesan “mati” atau monoton. Misalnya dinding berwarna beige, pilih sofa berwarna coklat atau kuning. Agar lebih nyaman, hiasi sofa dengan bantalan-bantalan.

Dalam menata bantal-bantal ini, Anda bisa bermain motif. Padukan motif bunga, polkadot, dan garis. Asalkan warnanya senada, tampilannya akan tetap cantik. Tak perlu takut bereksperimen dengan motif dan warna karena ruangan Anda bisa menjadi cerminan ekspresi Anda.

Anissa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s