cara memilih kampus yang baik


bingung milih kampus yang bagus??? mungkin kalo keterima UMPTN sih gak bingung ya kan!! , tapi kalau gak keterima gimana?? pusing juga ya?tapi gw mau kuliah, biaya gw cukup gak ya?? abis kuliah gw jadi apa?

saya kasih masukan sekali lagi dengan kasus yang tepat, kobe bryan adalah pemain basket lakers, iya memilih bermain basket dari pada kuliah dari segi biaya yang dia keluarkan mungkin kuliah lebih mahal, namun apa yang terjadi, dia menjadi kaya raya dengan bermain basket.

kasus satu lagi : kalian tau sederetan orang terkaya di dunia Bill Gates, yang pencetus komputer itu bisa dipergunakan di rumah-rumah dan dikantor-kantor, microsoft namanya? bill gates adalah seorang yang tekun dia meninggalkan sekolahnya di Havard university ke texas untuk membangun microsoft yang ditandatanganni oleh IBM, dan sampai sekarang umur beliau 52 tanpa lulus kuliah menjadi sederetan orang terkaya didunia.

Tapi tidak di pungkiri niat kuliah atau sekolah yang tinggi adalah niat yang paling mulia dari hati yang paling dalam, meskipun mungkin!! dari sekolah tinggi menegahnya tidak ada penyuluhan , apa sih yang dilakukan saat kuliah, kuliah yang baik itu gimana?kampus yang bags itu gimana?. lihat lagi dari niat anda kuliah dan jurusan yang diambil, lihat masa depan, akan jadi apa aku???

jangan lupa banyak bertanya , ada baiknya bertanya kepada pengajar yang berada disekolah seperti guru, atau kakak kelas yang sudah tamat sekolah sekali-kali jangan malu bertanya untuk tempat kuliah yang baik, kepada siapa aja dan dimana saja, karena jika anda malu atau tak pernah bertanya itulah mulu-mula kesesatan berawal. mulai dari jurusan , tempat kuliah, bayaran, lulusan, peluang kerja DLL.

  • beberapa pertanyaan yang biasa diajukan kepada orang yang lebih tau

kampus negri

kampus dibawah departemen

kampus swasta

sekolah ikatan dinas dari bank ternama dan

Sekolah ikatan dinas TNI dan Polri

diatas adalah pertanyaan pertama kali muncul, gw mau masuk mana kalo gak dapet negri???

universitas negri seperti UNJ, IPB, UI, ITB, UNPAD, dll mungkin gak masalah ya kalau masuk negri hanya saja jurusan yang diambil, biasanya bagaimana peluang kerja yang akan didapat.

tapi kalo dibawah departemen seperti STAN, STMI, STIS, AKA, AIP dl biasanya sekolah tinggi dengan lulusan sarjana sains terapan S.ST, dengan jenjang D4 diploma empat, seperti stan AIP, STMI, STAN dan lain lain

swasta mungkin semua pada tau ya, dari berjuta orang mungkin bisa dibilang yang masuk suasta hampir 3/4, seperti TRISAKTI, PERBANAS, GUNADARMA, BSI dll beberapa yang perlu diperhatikan oleh para calon mahasiswa yang ingin masuk univ swasta

AKREDITASI :Status akreditasi ini berfungsi untuk menunjukan mutu dan kemampuan suatu kampus dalam menyelenggarakan suatu program studi. Ingat, program studi dan bukan kampus secara keseluruhan. Jadi, jangan salah kaprah dengan status akreditasi. Yang memiliki akreditasi adalah program studi atau jurusan yang ada di dalam kampus tersebut. Di kampus saya, program studi Teknik Elektro sudah memakai sistem akreditasi keluaran ABET, karena ada beberapa kampus yang mempunyai akreditasi A hanya sebagian jurusan yang ada, maka pilihlah yang berakreditas A tentunya!! sesuai dengan kemampuan.

Riset. Selain sebagai tempat belajar mengajar, kampus merupakan tempat melakukan riset. Ingat, Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kampus yang baik tercermin dari hasil riset mereka lakukan. Hasil riset dapat berupa jurnal, paper, atau makalah yang dipublikasikan secara luas. Riset juga menentukan kualitas dosen yang mengajar di kampus tersebut.

Reputasi. Masalah reputasi tergantung dari pandangan masyarakat luas. Apakah itu dari kualitas lulusannya, masalah intern/ekstern kampus, maupun sorotan media terhadap kampus tersebut. Untuk masalah kualitas lulusan, dapat dinilai dari tanggapan perusahaan/orang/lembaga yang memakai jasa lulusan tersebut. Untuk masalah kampus intern/ekstern, lebih kepada fasilitas kampus dan hubungan kampus dengan institusi terkait yang lain. Untuk masalah sorotan media, kasus seperti pornografi dan kekerasan di kampus dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih kampus tersebut.

Biaya. biaya yang besar untuk sebuah universitas swasta sepandan atau tidak dengan reputasi, fasilitas, akreditasi DLL contoh misalkan masuk swasta mencapai 20 juta, kita lihat bagaimana dengan fasilitas dan kelas, masuk aja kesebuah universitas, lalu lihat dan tanya universitas tersebut termasuk fasilitasnya kepada mahasiswa setempat, jangan malu. jika 20 juta swasta dengan fasilitas yang buruk dan kurang memadai dari segi kualitas yang tercermin dibandingkan dengan negri yang memiliki jenjang D3 lebih baik mana??? setidaknya lingkungan itu akan membawa anda jadi lebih berkualitas.

cari informasi melalui site site kampus

jangan lupa masuk ke situs-situs kampus yang tersedia dilihat dan dicermati untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, seperti

http://www.asmi.ac.id/profil/

www.stan.ac.id/

www.ipb.ac.id/

dan lain-lain googling aja