April Mob tanggal 1


April mob Hari Dusta

Perkataan “April Mop“ yang kita kenal sekaran ini, diserap dari bahasa Belanda. Sedangkan dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan, “April Fool’s Day“. Sedangkan di Perancis lebih dikenal dengan sebutan “Poissond’ Avril“ = Ikan April, oleh sebab itulah anak-anak sering saling mengganggu dengan menggunting gambar ikan dan di tempelkan di punggung lawannya.

Kebalikannya di Spanyol mereka merayakan April Mop itu pada tanggal 28 Desember yang disebut “Dia de los Santos Inocentes“ = Hari anak tak bersalah, oleh sebab itulah juga ketika pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang baru yang seyogiyanya pada tanggal 28. Desember 1978 diundur sehari agar tidak dijadikan bahan tertawaan ataupun dianggap sebagai lelucon.

April Mop itu adalah hari Dusta, dimana orang dihalalkan untuk berdusta ataupun menyebar luaskan kabar dusta (hoax) sekedar untuk lelucon. Maka dari itu juga para agamaist di Eropa menilai asal muasal dari April Mop itu,karena 1 April itu sebenarnya adalah hari lahir dan juga hari kematiannya dari Yudas sang penghianat Yesus. Yudas diidentiskan sebagai iblis sang raja bohong ! Tidak bisa dipastikan mana yang benar asal muasal dari April Mop itu, tetapi yang masuk diakal dan juga banyak diterima oleh kebanyakan orang asal muasal dari April Mop itu, karena adanya perubahan penanggalan. Penanggalan Rumawi hanya terdiri dari sepuluh bulan, maka dari itu dahulu mereka merayakan hari Tahun Baru nya pada tanggal 1 April. Kata April diserap dari bahasa Belanda yang berasal bahasa Latin “aprire” berarti “membuka”. Membuka Tahun Baru ! Maka dari itu juga rakyat Romawi kunomerayakan pesta ini seperti layaknya pesta Karnaval yang disebut Quirinalia pada tanggal 1 April. Pada th 1564 Raja Perancis Karel IX mengadakan perubahan – reform penanggalan, dari tanggal Rumawi menjadi tanggal Anno Domini seperti yang kita pakai sekarang ini. Oleh sebab itu mereka tidak merayakan tahun baru pada tanggal 1 April lagi, melainkan pada tanggal 1 Januari. Pada saat tesebut belum ada TV/Radio maupun koran, sehingga penyebaran informasi pun sangat lambat sekali. Hal inilah yang menyebabkan banyak rakyatnya jadi telmi (telat mikir), sehingga mereka tetap merayakan hari tahun barunya pada tanggal 1 April. Mereka yang telmi inilah yang akhirnya menjadi buah tertawaan para penduduk seluruh Perancis pada masa itu. Mulai dari situlah timbul istilah maupun kebiasaan April Mop yang selalu dilakukan pada tanggal 1 April. Kata Mop itu sendiri diserap dari bahasa Belanda =dongeng ! Ini hanya salah satu versi dari sekian banyak versi-versi lainnya, walaupun demikian berdasarkan peninggalan sejarah telah terbuktikan bahwa April Mop itu sudah dikenal jauh sebelumnya; di Perancis pada tahun 1508 dan di Belanda 1539. April Mop bukan hanya disebar luaskan dan dibuat oleh perorangan saja bahkan kantor-kantor media eletronik maupun cetak; turut aktiv menciptakan Hoax –April Mop tersebut.

Sedikit Cerita tentang April Mob

Opini gw tentang april mob apa yah…..? taunya aja cuman dari pilm doraemon pada masa lalu, waktu nobita dikerjain sama doraemon ditinggal sendiri, gak taunya APRIL MOOOOBB!!!!!! saat itu baru gw tau April Mob itu dilakukan di tanggal 1 aja pada bulan april? ngerjain orang, boongin orang, jailin orang, menjadi hal yang lumrah di tanggal 1 april dan yang dikerjain gak boleh marah gitu katanya, tapi gak begitu tenar juga di Indonesia, ada yang bilang gak boleh, gak bagus Dll katanya April Mob itu budaya orang luar yang gak bener, yah mudaratnya memang banyak dan takutnya orang timur seperti kita terlampau jauh menggunakan hari April Mob sebagai hari yang lumrah untuk membohongi orang,

Tapi gw ada cerita kocak juga tentang April Mob mungkin sama seperti orang yang berulang tahun aja kalo April Mob ngerjain orang gitu, ceritanya gini waktu SMA dulu ada Guru yang paling Killer pokoknya paling ditakutin di selueuh jagad raya kingdom perbinatangan, namanya Pak Ali (semua siswa manggil dia ali oncom, tapi gw doang yang baek manggil dia cuman Chong li, abisan mukanya lebih mirip musuhnya Vandame si chong li jadi pas liat dari kejauhan nyamperin temen yang gak sadar bajunya keluar gitu kayak brandalan, kangsung gw dan wahyu selalu yel-yel chong li!! chong li!! Chong li!! udah mirip kayak di turnamen antara Van dame pas lawan chong li ekek ekek ekek padahal pak ali dari jauh dateng cuman mau gampar temen gw yang bajunya keluar ekek ekek ekek ekek)

Cerita ngerjain orang di April mob

nah biasanya memasuki bulan april itu gak ada yang ngeh’ namanya juga waktu SMA gw dulu (inget sekarang tangal berapa aja udah sukur), lanjut… temen gw kebetulan kemarennya dibulan february akhir ngelakuin kesalahan, nyoret-nyoret tembok sekolahan pake spidol segede gaban dikantin, dengan gaya grafitti amburadul yang kalo gw bilang lebih mirip rambutnya edy brokolli kesamber gledek, nah waktunya ngerjain orang iseng begini, kebetulan pak ali lagi ngajar dikelas sebelah dan dikelas lagi gak ada guru, udah pasti rusuh kalo SMA begini keadaanya, tapi gw keluar sama temen gw untuk ke koperasi (sebut aja target budi), pas masuk kelas yang keadaanya udah kayak celana kolornya pretty asmara (maksudnya gak karuan) gw masuk dengan muka serius di blakang sekongkolan sama si wahyu trus menunjuk Budi

GW : Budi parah lo, di panggil pak Ali, kayaknya dia marah gara-gara lo nyoret-nyoret tembok di kantin

Budi : Lho kok dia tau gw yang corat-coret?

GW : di laporin mak kantin, gw gak ikut-ikut dah bud kasus lo kali ini

Budi : mati GW!! (mukanya panik gitu)

Gw : ya udah lo kesana minta maap aja sambil bawa theener (cairan pembersih cat) yang penting lo melas punya niat buat bersihin.

Budi : iya ya? ada theener gak?

GW : ambil aja di koprasi minta sama si acong (penjaga koprasi)

budi langsung melas melesat sambil niat ngambil theener dari kantin dan masuk ke kelas sebelah sambil pucet, ngomong sama pak ali ampe gemeteran kayaknya, gw sama temen gw ngeliat dari jendela pas dia deketin pak Ali sambil yel-yel : chong li!! chong li!! chong li!! sambil ngakak wkwkwkwkwkwkwkwkw, pak ali cuman bingung, sambil di cengin sekelas Huuuuuuu, “ngapain lo bawa-bawa theener masuk kelas gwa” kata pak ali, sambil ngajar fisika, wkwkwkwkwkwkwkw gw pake Nulis di Kertas tempelin dikaca pake tulisan segede gaban “APRIL MOB!!!!!”

ekek ekek ekek ekek ekek budi…. budi… untung gak di gampar si chong li

Ada yang punya cerita lain?

4 thoughts on “April Mob tanggal 1

    1. hmmm yah bersejarah untuk nipu sana nipu sini ekek ekek ekek, punya pengalaman seru gak sama 1 april bro?

  1. whahahaha..kocak, w jg pernah ngerjain tmn w ..w bilang klo w meninggal..w sms tmn2 w, paling cua 5 orang doang..eh pas w buka fb w..ternyata rata2 sttus tmn2 w bilang klo “inalilaahii blablablaa”
    pokoknya intinya w meninggal..mingkin krn w ga prnah boong..jd mreka prcya ajh..udah gitu sampe tmn w dari SD-SMA tau semua..mreka sampe2 dtg krmh w bwt nyelayat…gara2 ga ada tanda2 org meninggal drmh w, mreka pada pulang smw…sms berita dukacita mampir banyaaaakkkk bgt di HP w..paraaahhh dahh..
    wkwkwkkwkkw

    1. wah parah lu ster, meninggal jadi bahan ngerjain ornag WAKAKAKAKAkakakak….. (jangan-jangan nih ornag udah meninggal, trus nulis comment di blog gw, WHAAAA!!!!!!!! TIDAKKK!!!!!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s