Solusi Kemacetan Kota Jakarta


Sebelum masuk untuk solusi kemacetan di Kota Jakarta tentunya saya harus mengetahui apa itu kemacetan lalu lintas? arti kemacetan lalu lintas bisa di artikan bebas seperti penumpukan kendaraan, Botlle neck, dll tapi pada hakekatnya kemacetan adalah jumlah input lebih banyak dari pada jumlah output atau dalam artian lalu lintas jumlah kendaraan yang masuk lebih banyak dari jumlah yang keluar dalam satu jalur, mungkin klop juga kalo dalam hukum kirchoff  “Jumlah kuat arus yang masuk dalam titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik percabangan” (heheh nyambung gak sih… :hammer: wadezig!!!)

Orang awam seperti saya dan kawan-kawan pernah bertanya “Siapa yang salah dalam kemacetan”??? (kalo udah terjadi kekeliruan biasanya salah-salahan, pembenaran diri gitu deh….) jawaban-jawaban yang keluar berbagai macam, Pengguna mobil tuh yang salah bikin macet, kendaraan roda dua terlalu banyak udah gitu sering motong jalan bikin deadblock, pemerintah juga bego gak membatasi produksi kendaraan, ada lagi yang bilang kalau pengguna mobil pasti nyalahin motor dan penggunaa motor nyalahin mobil jadinya memang salah manusianya. Pada dasarnya memang manusia selalu melakukan kesalan, maka dari itu dalam ilmu industri untuk mengurangi jumlah kesalahan diberlakukan Pokayoke English Failsafing, anda bisa cari di google apa itu Pokayoke (gak nyambung lagi :hammer: gedebuk!! ).

Okeh kita fokus masalah kemacetan kota jakarta, kita mulai membahas kemacetan dengan 5W & 1H

What : Apa itu kemacetan lalulintas?

Secara umum Kemacetan lalulintas adalah Suatu penumpukan kendaraan karena jumlah tidak sesuai dengan kapasitas.

Where : Dimana Terjadi Kemacetan lalulintas?

kemacetan kota Jakarta terjadi di lampu merah, pintu masuk Tol, Pintu keluar Tol, Jalur arteri, persimpangan, lingkar luar, bundaran, pertigaan, perempatan, jalur alternatif, persimpangan rel kereta sampe gang sempit (T_T itu sih semuanya om… emang jakarta udah parah bos…. :sambil mukulin kepala pake martil: )

When : Kapan Terjadinya kemacetan Lalulintas?

Jam-jam tertentu, hari-hari tertentu dan cuaca extreme semua bisa di sebutkan satu pesatu

Macet Tahunan

  • Tahun Baru
  • Liburan tahunan (anak sekolah)
  • Lebaran (Seminggu sebelum lebaran, biasanya terjadi di jalur keluar kota)
  • Banjir Tahunan (Banjir kok di jadwal :gubrak:!! bikin malu ajah (^_^)7 )

Macet Bulanan

  • Awal dan akhir Bulan January s/d Desember (loh kenapa akhir sama awal doang bos?? Semangat Gajian Karyawan… wkwkwk kadang bikin macet, kantong tebel restoran mana juga di satronin, bikin parkiran di pinggir makan bahu jalan)
  • Bulan Desember Even Natal, Night Sale dll
  • Bulan februari, Nah ini masuk cuaca Extreme alias Banjir…. siap siap pertengahan Februari
  • Bulan July Nah ini liburan anak sekolahan, Biasanya terjadi di Jalur puncak, bandung dll daerah wisata

Mingguan

  • Jumat – saatnya berebutan Vila kepuncak, cek in om…
  • Sabtu – jarang juga sih sabtu macet soalnya banyak karyawan libur di hari ini, tapi kalo jam 5 sore sekitar Mall biasanya macet

Hari

  • Jam 06.00 s/d 09:30
  • Jam 15.45 s/d 19.20

Who : Siapa pelaku kemacetan lalulintas?

  • Kendaraan Roda dua
  • Kendaraan Roda 4
  • Kendaraan Besar (Trailer, Truk dll)
  • Angkutan Umum (Metromini, KWK, Bajaj ddk)

Why : Kenapa sampai terjadi Kemacetan Lalulintas?

  • Lampu merah tidak sesuai dengan kapasitas kendaraan
  • Jalur yang menyempit
  • Genangan Air/ Banjir
  • Deadblock
  • Kecelakaan
  • Emak-emak mobilnya keserempet bus kopaja, trus marah-marah ngomel berantem sama supir kopaja (Gubrak!!!!!!) (kisahnyata macet 1.5km di Jl.latumenten jakbar wkwkwkwk)

How : Bagaimana terjadinya kemacetan lalulintas?

Seharusnya pertanyaan ke lima H, bagaimana Solusinya…. T_T kelamaan…

Secara Dominan yang terjadi di Kota Jakarta adalah kemacetan keberangkatan jam kerja dan pulang kerja senin s/d Jumat, inilah yang menjadi titik permasalah yang paling krusial, apa solusinya?

Biasanaya pemecahan masalah untuk masyarakat luas yang tepat adalah Win-Win Solution, (emang kenapa? pemerintah takut didemo ya :wadezig!!!: wkwkwkwk), tapi disini gak usah di pilah-pilah win-win solutionnya, semua di jabarin.

Menguragi Jumlah Beban Jalanan sehingga kapasitas terukur

  • Menyiapkan Sebuah Trasportasi Massal, Misalkan kereta dalam kota, Busway (meskipun kurang efektif),
  • Regulasi operasi kendaraan dengan nomor ganjil awal plat nomor kendaraan, Misalkan nomor awal ganjil pada hari senin tidak boleh beroperasi, bolehnya selasa, kamis, Jumat dan sabtu, dst
  • Regulasi opeasi warna kendaraan, misalkan Hari senin Mobil pribadi berwarna Hitam, Putih Dan merah saja yang boleh beroperasi, dll
  • Pada keadaan jalan tertentu yang memadai Kendaraan Roda dua dan 4 dipisahkan, agar tidak terjadi deadlblock
  • Perusahaan yang memiliki karyawan menggunakan kendaraan pribadi dalam jumlah tertentu harus memiliki jemputan sendiri
  • 3 in 1 (Meskipun masih banyak Calo)
  • Oriented Satu Jalur
  • Flyover, Underpass, dll

Regulasi Pemerintah Secara Global

  • Pengguna kendaraan roda 4 harus menggunakan Pertamax, alih alih merawat lingkugnan (hehehe ini kasus sekarang juga bikin mikir pengguna kendaraan roda 4, soalnya musti itung-itungan kocek untuk orang yang cekak)
  • Pemberlakuan operasi kendaraan hanya 15/20 tahun.
  • Tarif pajak kendaraan yang tinggi
  • Lebih selektif untuk pembuatan SIM
  • 1 Alamat Rumah hanya Boleh di isi 2 Plat Nomor kendaraan
  • 1 Pemilik Hanya Boleh mempunyai 2 Plat Kendaraan
  • Dalam Kurun waktu tertentu Hentikan Penjualan Mobil Murah di Indonesia karena merangsang jumlah operasi kendaraan
  • Tarif angkutan umum murah dan keamanan yang baik

Wah banyak ya solusinya, tapi kok masih macet :hammer: yah jelas aja, kalo semua diterapin pemerintahnya yang nerapin juga kena peraturannya sendiri dong wakakakakak

4 thoughts on “Solusi Kemacetan Kota Jakarta

  1. satu cara yang paling mudah untuk mengatasi kemacetan di Jakarta,,,,

    Berlakukan Cuti Bersama Setahun Penuh…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s