Wikileaks Membocorkan Dokumen Diplomatik Negara


Saat ini dunia disibukan oleh pembocoran dokumen rahasia yang dilakukan oleh wikileaks. Selain merepotkan pemerintah Amerika Serikat beserta sekutunya, pemerintahan Negara yang terkait dengan dokumen yang dibocorkan juga ikut merasakan dampaknya. Untuk Indonesia dikabarkan ada 3.059 dokumen rahasia yang akan dibocorkan .. coba simak berita berikut ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Wikileaks memiliki sebanyak 3.059 dokumen rahasia Amerika Serikat yang terkait Indonesia. Dokumen itu merupakan semacam laporan diplomatik yang dikirim dari Kedubes AS di Jakarta dan Konjen AS di Surabaya. Situs Wikileaks berjanji akan mempublikasi dokumen itu secara bertahap. Dan ternyata Wikileaks mulai menepati janjinya. Tiga buah dokumen mengenai Indonesia sudah dirilis. Dokumen itu dibuat dalam bentuk Congressional Research Service (CSR), lembaga think tank Kongres AS. Dokumen CRS ini biasanya menjadi dasar bagi Senat dan DPR AS dalam mengambil kebijakan.

Berikut isi dokumen tersebut:

Masalah Timor Timur CRS Report RS20332 East Timor Crisis: US Policy and Options 5 November 1999

*Pemerintahan Bill Clinton menekan RI agar menerima kehadiran pasukan perdamaian internasional di Timor Timur usai jajak pendapat 1999.

*Menghentikan kerja sama militer AS dan Indonesia dan mengancam sanksi lebih keras bila tak mau bekerja sama, mengendalikan milisi, dan memulangkan 200 ribu pengungsi Timor Timur.

*Mendukung keputusan IMF dan Bank Dunia menghentikan bantuan mereka untuk Indonesia.

* Bantuan yang dihapus untuk tahun 2000 antara lain bantuan ekonomi 75 juta dolar AS, Economic Support Funds 5 juta dolar AS dan IMET 400 ribu dolar

Tentang Pemilu 2004

CRS Report RS21874 Analyst in Southeast and South Asian Affairs 20 Mei 2005

*SBY disebut the thinking general

*Bila Wiranto jadi presiden, hubungan RI dan AS akan sangat rumit karena Kongres AS menaruh perhatian besar pada isu pelanggaran HAM di Timor Timur.

*Suksesnya Pemilu 2004 meneguhkan dominasi partai sekuler, yaitu Golkar, PDIP, dan Partai Demokrat.

Pelatihan Kopassus

Dokumen Joint Combined Exchange Training (JCET) and Human Rights Background and Issues for Congress 26 Januari 1999

*Sejak 1992, Kongres AS memutus program Pelatihan dan Pendidikan Militer In ternasional (IMET) untuk Indonesia setelah tragedi Santa Cruz.

* Namun, di bawah program JCET Dephan yang di setujui oleh Deplu, pasukan Baret Hijau AS melatih 60 anggota pasukan khusus TNI di Indonesia yang sebagian besar Kopassus. JCET berdalih pelatihan murni militer meskipun kurikulum latihan perang kota berjudul ‘crowd control’.

*April 1998, anggota Kongres AS menyurati Menteri Pertahanan Cohen Evans yang menyebut program JCET mengakali larangan Kongres. JCET dihentikan 8 Mei 1998.

Sumber: WikiLeaks, Congressional Research Service

Dari ketiga dokumen itu mungkin sekilas Nampak sebagai sebuah document biasa yang tidak ada nilainya. Tetapi kalau ditelaah dan dikaitkan dengan kondisi real saat dokumen tersebut, serta peristiwa-peristiwa terkait yang mungkin dipengaruhi oleh dokumen tersebut. Mari kita coba telaah satu persatu.

Masalah Timor Timur CRS Report RS20332 East Timor Crisis: US Policy and Options 5 November 1999

*Pemerintahan Bill Clinton menekan RI agar menerima kehadiran pasukan perdamaian internasional di Timor Timur usai jajak pendapat 1999.

*Menghentikan kerja sama militer AS dan Indonesia dan mengancam sanksi lebih keras bila tak mau bekerja sama, mengendalikan milisi, dan memulangkan 200 ribu pengungsi Timor Timur.

*Mendukung keputusan IMF dan Bank Dunia menghentikan bantuan mereka untuk Indonesia.

* Bantuan yang dihapus untuk tahun 2000 antara lain bantuan ekonomi 75 juta dolar AS, Economic Support Funds 5 juta dolar AS dan IMET 400 ribu dolar

dokumen ini membutikan bahwa kejadian-kejadian politik yang terjadi di Indonesia dan mungkin diseluruh dunia ini, dipengaruhi dan terindikasi adanya campur tangan pemerintah Amerika serikat. Dengan tekanan pemerintahan Amerika terhadap Indonesia, agar pasukan perdamaian internasional yang mungkin di bonceng oleh agen-agen rahasia amerika dapat masuk dan melakukan tugasnya di Timor-timur.

Dari indikasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa lepasnya Timor-timur dari Indonesia tidaklah murni perjuangan dari rakyat timor timur saja, tetapi terdapat campur tangan pemerintah amerika. Untuk membuktikan hal ini tentu saja, diperlukan bukti-bukti lanjutan.

Bukti itu mungkin saja terdapat dalam dokumen-dokumen lain yang mungkin akan di buka oleh wikileaks. Tetapi bisa saja pemerintah Indonesia membuka informasi tentang tekanan pemerintah Amerika, sehingga Timor-timur lepas. Tentu saja hal ini bisa dilakukan, dengan catatan, pemerintahan SBY memiliki nyali dan keberanian untuk mengungkapkan kebenaran melawan Negara Obama, si bocah menteng itu.

Tentang Pemilu 2004 CRS Report RS21874 Analyst in Southeast and South Asian Affairs 20 Mei 2005

*SBY disebut the thinking general

Dokumen ini membuktikan bahwa pemilu di Indonesia belumlah merupakan sebuah cerminan demokrasi yang sebenar-benarnya. Keberhasilan SBY memenangkan pemilu presiden pada pemilu 2004 tidak lepas dari dukungan pemerintahan Amerika kepada SBY. Dukungan itu bisa saja berupa support dana, atau malah lebih jauh lagi turut serta mencampuri proses pemilihan umum dengan berbagai cara yang dapat dilakukan.

*Bila Wiranto jadi presiden, hubungan RI dan AS akan sangat rumit karena Kongres AS menaruh perhatian besar pada isu pelanggaran HAM di Timor Timur.

Pemerintah Amerika tidak menginginkan Wiranto menjadi presiden, karena masalah Timor-timur. Bisa saja Wiranto memiliki kesalahan dalam masalah Timor-timur, atau malah sebaliknya, Wiranto merupakan korban dari scenario pemerintahan Amerika dalam proses pelepas Timor-timur dari Negara Indonesia.

Jika Wiranto menjadi presiden, maka kasus Timor-timur akan mencuat, dan bisa saja campur tangan pemerintah Obama akan terlihat disitu.

*Suksesnya Pemilu 2004 meneguhkan dominasi partai sekuler, yaitu Golkar, PDIP, dan Partai Demokrat.

Kesuksesan pemilu 2004 sangat diharapkan oleh pemerintah Amerika Serikat, karena dengan keberhasilan pelaksanaan pemilu 2004, maka kondisi perpolitikan di Indonesia akan dikuasai oleh partai-partai sekuler, partai yang mungkin menurut mereka memiliki ideology yang sama dengan Amerika serikat, atau minimal program-program yang akan dilakukan pemerintah tidak bertentangan dengan keinginan mereka. Mulai dibidang ideology, politik, ekonomi, social, budaya, dan Pertahanan keamanan.

Di bidang ekonomi, misalnya program liberalisasi, penjualan asset-aset BUMN kepada pihak asing, dan kebijaksanaan lainnya yang menguntungkan Negara Amerika Serikat serta bejayanya ideology kapitalis di negeri ini. Dominasi partai sekuler di butuhkan juga oleh Amerika Serikat untuk melemahkan partai-partai Islam yang dikhawatirkan dan dicurigai Amerika memiliki yang berlawanan dengan mereka. Artinya PAN, PKS, PPP memang sengaja dikerdilkan.

lebih lengkap masuk ke defrimansyah.wordpress.com

thanks

Siapa dibelakang rencana besar ini semua?

apakah wikileaks adalah salah satu kerangka grand design orang hebat didunia untuk tujuan tertentu?

apa Kerugian & Keuntungannya untuk indonesia?

3 thoughts on “Wikileaks Membocorkan Dokumen Diplomatik Negara

  1. KITA TELAH DIBOHONGI OLEH SEJARAHH… KL TAU SOEKARNO MASIH HIDUP DIA AKAN MENANGIS KEADAAN INDONESIA YANG SEPERTI INI… UNGKAP TERUS BOSSSS

  2. kita negara dunia ketiga ”’
    negara yg kebanyakan di semenanjung asia yg berdiri setelah perang dunia kedua”’

    kebanyakan dr negara dunia ketiga sangat jauh bahkan begitu jauh sekali perbedaan_A dalam hal dan bidang apapun dengan mereka negara2 kapitalis dan juga komunis””

    kita negara dunia ketiga ketinggalan 100 tahun dengan peradadaban mereka”’

    bayangkan kita trpaut masa 1 abad, bukankah itu hal yg sangat luar biasa”’

    begitu luar biasa_A sampai2 mereka slalu dan tetap punya pandangan klw kita tetap lah budak2 mereka”’
    kita tetap lah negara2 yg manusia_A mulai dr pemimpin dan masyarakat_A punya pemikiran ortodoks dan bodoh”’ serta kuno”
    negara kesatuan yg sangat gampank di pecah belah dengan trik2 kotor, skenario biadab, segala macam upaya sabotase dan propaganda2 yg sangat menyesatkan bagi kita negara dunia ketiga.
    kita adalah negara2 yg terjebak terjerat dalam luang lingkup berbagai macam kecanggihan teknologi dan kecanggihan pola pikir ( mindset ) negara2 kapitalis dan komunis yg senantiasa slalu dan akan trus menjadikan kita budak dan dengan mudah_A mereka menikmati segala macam keuntungan dr hasil bumi kita ”’

    kita jga terjebak dalam berbagai macam tekanan2, kebijakan kebijakan serta harus selalu mengikuti ideologi mereka dalam menjalankan pemerintahan serta kepemimpinan yg walaupun itu semua kita jalankan di dalam internal negara dan bangsa kita’
    kita menjalankan segala macam kebijakan mereka di atas bumi pertiwi dan tanah air kita sendiri.
    seolah2 kita ini hanyalah ternak atw mungkin para pemimpin kita sudah seperti boneka2 tanpa akal dan hati yg mau dan bersedia di jadikan alat dengan kekuasaan yg di miliki para pemimpin kita untuk menjajah rakyat_A sendiri ”’

    mereka para pemimpin negara dan bangsa kita tak ubah_A kerbau yg di cucuk hidung_A sehingga selalu menuruti dan membuat kebijakan yg sangat merugikan rakyat dan negara_A dan bgtu menguntungkan mereka para kapitalis2 rakus,
    yaghhh”” mungkin para pemimpin kita melakukan ini semua krna di dasari dengan keuntungan2 pribadi dan kenikmatan kapitalis yg bgtu mengiurkan sehingga mereka terlena dan tanpa sadar klw mereka telah mnjadi budak budak pelayan2 tuan kapitallis yg sangat mereka hormati’

    mereka terbius dengan segla macam kemewahan, glamouritas kehidupan kapitalis yg semakin lama mmbuat mereka terperosok smakin dalam, demi mendapatkan semua itu mereka rela dan tega menggadaikan berbagai macam kekayaan alam serta kekayaan budaya masyarakat yg tlah di wariskan untuk kita, rakyat_a, rakyat indonesia ”’
    semua ini semakin lama mmbuat kita semakin rentan, miskin bahkan hancur lebur sebagai sebuah negara karna segla macam kekayaan tanah kita, keaneka ragaman serta kesatuan kita tlah di rengut dan hanya bisa di nikmati oleh kaum2 feodal, kapitalis,,,, iaghhh pare pemimpin kite juge ikutan tuh nikmati dan menggrogoti negara_A dengan bgtu rakus_A ”’
    bgtu rakus_A bak budak2 kulit hitam yg tak pernah mndapat makanan dan slalu di siksa oleh majikan kapitalis_A”
    tanpa mereka sadari ”” betapa jijik dan najis_A kita melihat mereka ””’
    tak bisakah klian bangkit dr lubang kebodohan dan kebobrokan ”’ yg mmbuat klian mnuhankan kapitalis’
    bangkitlah para anak bangsa ”’
    kluar lah dr jurang ke nistaan, kalahkan iblis yg bersemawan dalam dirimu ”’
    tunjukkkan pada mereka bahwa kita bisa dan mampu tnpa mereka ”’
    kepakkan semangat garuda yg tertera di dadamu ”’
    singgsingkan benalu2 kapitalis dr tiang benderamu ””
    sanggah dan berdirilah sebagai ksatria bangsamu klw mereka tak kan pernah bisa menindas dan menjajah kita lagi ”’
    kibar kan semangat sang saka merah putih kepada sluruh dunia ”’
    gentarkan nyali mereka dengan semangat kesatuan dan keanekaragaman tanah pertiwi kita ”’

    katakan pada mereka bahwa segala bentuk penindasan terjadi karna ada_A dua pihak yg slalu melakukan dan pihak yg menerima penindasan ””

    sadarkan mereka bahwa kita bukan lah pihak yg slalu diam dan pasrah saat di tindas”’
    teriakan denga suara yg lantang pada dunia bahwa kita bukan lagi pihak yg menerima penindasan ”’
    kita orang merdeka””
    dan mereka tak kan bisa menindas kita sebab kita tak mau lgi di tindas”””
    skuat apapun mereka berusaha menindas kita hal itu tak kan pernah terjadi ”’
    karna takkan ada penindasan tanpa ada_A penindas dan yg di tindas””

    ingat kawan GARUDA bukan burung perkutut””
    kepakkan sayap2 GARUDA mu ”’
    buat lah perubahan untuk bangsa dan negara mu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s